Uncategorized

Compute Query Languange – Perkenalan

Tulisan ini adalah seri pertama dari beberapa tulisan sebagai dokumentasi pengembangan Compute Query Language yang dikembangkan oleh NoLimit Indonesia.

———–

Compute Query Language (CQL) adalah bahasa mirip-SQL yang dibangun di atas NoLimit Platform sebagai salah interface utama untuk mengkonsumsi data dari NoLimit Platform*. CQL mendefinisikan sumber data yang akan digunakan, cara pencacahan, serta hasil perhitungan yang ingin dihasilkan berdasarkan sumber data.

Kenapa membangun bahasa mirip SQL sendiri? Kenapa tidak gunakan Pig atau Hive yang sudah terbukti mampu memberikan dukungan SQL di atas Hadoop?

Ada beberapa alasan, di antaranya :

  • Keleluasaan dalam pengembangan. Dengan mendefinisikan sendiri bahasa yang digunakan, kami tidak terikat ke salah satu atau beberapa implementasi mirip-SQL yang sudah ada. Keleluasaan ini kami sadari akan menjadi benefit utama dalam pengembangan CQL, karena media sosial terus berkembang — dengan cepat — sehingga kami membutuhkan interface yang juga adaptif terhadap perubahan.
  • Fleksibel dalam pengoperasian. Salah satu alasan lahirnya CQL adalah milestone dalam evolusi NoLimit Platform sebagai pengolah data mentah dari media sosial menjadi informasi. Kami menyadari bahwa akan banyak kemungkinan pemanfaatan data yang akan dikelola oleh NoLimit Platform. Oleh karena itu, kami berusaha agar nantinya user tidak mengalami keterbatasan dalam mengolah data yang NoLimit Platform miliki. CQL dibuat agar mimpi ini tercapai.
  • Fast Data. Kami menyadari, Big Data tanpa kemampuan memberikan informasi yang relevan dengan cepat tidak akan memberikan nilai tambah yang maksimal bagi user. CQL akan dibangun sebagai implementasi dari salah satu V dari Big Data, yaitu Velocity (kecepatan).

Dalam pengembangannya, CQL nanti akan banyak dipengaruhi oleh SQL serta teknologi-teknologi pendahulu di bidang streaming processing seperti Aurora, Borealis, Storm, maupun Stratosphere. Masing-masing sudah memberikan sumbangsih kepada kemajuan teknologi di bidang Big Data dengan caranya masing-masing. Harapannya, CQL juga dapat memberikan manfaat bagi perkembangan teknologi di bidang Big Data secara khusus dan para pengguna media sosial secara umum.

Terlepas dari mimpi yang ingin diwujudkan oleh CQL, tentunya akan banyak tantangan dan hambatan yang akan kami lalui untuk mewujudkan mimpi kami. Kami sangat terbuka jika ada saran atau masukan (dan kritik tentu saja) terkait dalam pengembangan CQL. Atau, jika tertarik untuk ikut terlibat lebih dalam pengembangan CQL, bisa coba-coba kontak ke @harippe atau jobs@nolimitid.com :p.

Terima kasih atas perhatiannya, untuk tulisan mendatang akan dibahas terkait struktur dari CQL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s