Uncategorized

Fisika Kuantum

Akhir-akhir ini lagi suka baca-baca topik tentang fisika kuantum. Pada dasarnya fisika kuantum adalah cabang fisika yang membahas fenomena fisika di ranah mikroskopis / sub-atomik. Asal kata kuantum adalah kuanta (quanta), yang berarti diskrit. Ini berawal dari fenomena bahwa beberapa karakteristik fisika dari atom hanya bisa berubah dalam jumlah yang konstan (diskrit) bukan kontinyu. Kemudian, fakta menarik bahwa cahaya dapat bersifat sebagai partikel dan gelombang sekaligus, atau dikenal sebagai wave-particle duality. Dan akhirnya, muncul sebuah teori yang mencoba menjelaskan bagaimana alam semesta ini dibangun oleh sebuah materi yang disebut “string”.

Menarik sekali. Pada dasarnya saya memang menyukai membaca mengenai fenomena alam dan penjelasannya (tapi kalau sudah berurusan dengan rumus jadi rada keok, haha). Saya ingat waktu kecil setiap sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, saya suka mengambil buku ensiklopedia di rak dan jadi teman sarapan saya (dibaca, bukan jadi tatakan makan :p). Walaupun banyak yang akhirnya tidak saya mengerti, keingintahuan saya tentang bagaimana lingkungan sekitar saya berkerja, dan mungkin alam semesta, terpupuk. Dulu sebelum saya ingat pernah ingin mengambil kedokteran untuk kuliah karena saya senang membaca tentang fisiologis manusia. Dan sekarang, ketika ilmuwan sudah mendalami cabang dari fisika yang mencoba menjelaskan bagaimana alam semesta ini dibangun (alam semesta ini secara teori terdiri dari 11 dimensi lho).

Akhirnya, muncul ide gila : kalau memang saya diberikan kesempatan, saya ingin melanjutkan S3 di bidang fisika kuantum. Pasti akan seru sekali😀 dan bisa dihubungkan dengan bidang utama saya sekarang, informatika, di mana cabang dari fisika kuantum sudah merambah ke pembangunan quantum computer.

Sebagai penutup, ini adalah parodi Bohemian Rhapsody menggunakan acapella oleh seorang mahasiswa S2 yang sedang tesis di bidang fisika kuantum. Enjoy🙂

Edit : ternyata fisika kuantum hanya pengantar sampai ke M-theory. Jadi yang M-theory lebih menjelaskan secara teoritis fenomena-fenomena yang belum bisa dijelaskan oleh fisika kuantum. Thanks to Bayu yang sudah mengingatkan

5 thoughts on “Fisika Kuantum

Leave a Reply

